Perlengkapan Elektronik Lebih Jorok dari Toilet

Perhatikan alat-alat elektronik yang anda gunakan seperti Komputer Desktop, Laptop, Notebook, Handphone, dan lain sebagainya. Meskipun terlihat bersih, belum tentu kondisinya benar-benar bersih seperti yang Anda lihat. Dalam suatu penelitian terungkap jika kalau perlengkapan elektronik banyak yang tidak diperhatikan kebersihannya, bisa memicu masalah kesehatan yang serius.

Menurut penelitian, telepon, keyboard dan mouse sangat jarang dibersihkan, hal ini menunjukkan perlengkapan elektronik tersebut lebih kotor dibandingkan toilet umum. Sebagai contoh, mouse yang tidak pernah dibersihkan selama satu minggu terdapat 1.676 bakteri, sedangkan di bagian keyboard terdapat 3300 mikroba.

Dari semua perlengkapan elektronik, yang paling kotor adalah Handphone. Setiap hari handphone atau disingkat HP digunakan, bukan hanya untuk satu orang saja bahkan lebih. HP juga jarang sekali dibersihkan dan hal itu membuat banyak tumpukan bakteri didalamnya. Berdasarkan penelitian, bakteri pada HP mencapai 25.127 bakteri.


Jika dibandingkan dengan toilet, yang secara teratur dibersihkan, maka perlengkapan elektronik tersebut sangat kotor. Sebagai perbandingan, berikut jumlah rata-rata bakteri yang terdapat di masing-masing perlengkapan elektronik.

- Handphone : 25,127 bakteri
- Monitor komputer : 20,961 bakteri
- Keyboard komputer : 3,295 bakteri
- Mouse: 1,676 bakteri
- Dudukan toilet: 49 bakteri

Bakteri-bakteri tersebut bisa masuk dalam sistem pernafasan dan memicu flu serta penyakit pernafasan lainnya seperti infeksi saluran pernafasan atas (ISPA) dan radang paru. Untuk menghindarinya, bersihkan perlengkapan elektronik Anda secara teratur. Cukup bersihkan  dengan lap yang sudah ditetesi alkohol.

Sumber :
www.ruanghati.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Tinggalkan Komentar Anda Untuk Memajukan Blog Ini